%0 Generic %A SHELY NUR KUSSUMA NINGTYA, 1413054047 %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2018 %F eprints:37255 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENGARUH KEGIATAN MELIPAT KERTAS ORIGAMI TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 3 TAMBAHSARI TAHUN AJARAN 2017/2018 %U http://digilib.unila.ac.id/37255/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Tambahsari belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kegiatan melipat kertas origami terhadap perkembangan motorik halus anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain eksperimen semu (quasy experiment). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 60 anak dengan pembagian kelas B1 berjumlah 28 anak sebagai kelas kontrol dan 32 anak di kelas B2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan analisis data yang digunakan yaitu uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang artinya kegiatan melipat kertas origami pada kelas eksperimen memiliki pengaruh sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan perkembangan motorik halus anak. Kata kunci : anak usia 5-6 tahun, kertas origami, motorik halus. abstract The problem in this research was fine motor development of children aged 5-6 years in Aisyiyah Bustanul Athfal 3 kindergarten Tambahsari has not been yet optimal. This research aims to determine the effect of origami paper folding activity on fine motor development of children. The method used in this research was experimental method with quasi experimental design (quasy experiment). The sample used in this research were 60 children aged 5-6 years that were divided ito two class devisions: class division of B1 with 28 children as control class and class devision of B2 with 32 children as experimental class. The data collection techniques used were observation and data analysis by using a simple linear regression test. The results showed that there was a significant difference between the experimental class and the control class, which means that the origami paper folding activity in the experimental class has an influence that can be applied in improving the fine motor development of the children. Keywords: children aged 5-6 years, origami paper, fine motor development.