<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "PENGARUH KEGIATAN MELIPAT KERTAS ORIGAMI TERHADAP\r\nPERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK\r\nAISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 3 TAMBAHSARI TAHUN AJARAN\r\n2017/2018"^^ . "Masalah dalam penelitian ini adalah perkembangan motorik halus anak usia 5-6\r\ntahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Tambahsari belum optimal. Penelitian ini\r\nbertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kegiatan melipat kertas origami\r\nterhadap perkembangan motorik halus anak. Metode yang digunakan dalam\r\npenelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain eksperimen semu (quasy\r\nexperiment). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6\r\ntahun yang berjumlah 60 anak dengan pembagian kelas B1 berjumlah 28 anak\r\nsebagai kelas kontrol dan 32 anak di kelas B2 sebagai kelas eksperimen. Teknik\r\npengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan analisis data yang\r\ndigunakan yaitu uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan\r\nterdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol,\r\nyang artinya kegiatan melipat kertas origami pada kelas eksperimen memiliki\r\npengaruh sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan perkembangan motorik\r\nhalus anak.\r\nKata kunci : anak usia 5-6 tahun, kertas origami, motorik halus.\r\n\r\n\r\n\r\nabstract\r\n\r\nThe problem in this research was fine motor development of children aged\r\n5-6 years in Aisyiyah Bustanul Athfal 3 kindergarten Tambahsari has not been yet\r\noptimal. This research aims to determine the effect of origami paper folding\r\nactivity on fine motor development of children. The method used in this research\r\nwas experimental method with quasi experimental design (quasy experiment). The\r\nsample used in this research were 60 children aged 5-6 years that were divided\r\nito two class devisions: class division of B1 with 28 children as control class and\r\nclass devision of B2 with 32 children as experimental class. The data collection\r\ntechniques used were observation and data analysis by using a simple linear\r\nregression test. The results showed that there was a significant difference between\r\nthe experimental class and the control class, which means that the origami paper\r\nfolding activity in the experimental class has an influence that can be applied in\r\nimproving the fine motor development of the children.\r\nKeywords: children aged 5-6 years, origami paper, fine motor development."^^ . "2018-08-08" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . "1413054047"^^ . "SHELY NUR KUSSUMA NINGTYA"^^ . "1413054047 SHELY NUR KUSSUMA NINGTYA"^^ . . . . . . "PENGARUH KEGIATAN MELIPAT KERTAS ORIGAMI TERHADAP\r\nPERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK\r\nAISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 3 TAMBAHSARI TAHUN AJARAN\r\n2017/2018 (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "PENGARUH KEGIATAN MELIPAT KERTAS ORIGAMI TERHADAP\r\nPERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK\r\nAISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 3 TAMBAHSARI TAHUN AJARAN\r\n2017/2018 (File PDF)"^^ . . . "PENGARUH KEGIATAN MELIPAT KERTAS ORIGAMI TERHADAP\r\nPERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK\r\nAISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 3 TAMBAHSARI TAHUN AJARAN\r\n2017/2018 (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . "HTML Summary of #37255 \n\nPENGARUH KEGIATAN MELIPAT KERTAS ORIGAMI TERHADAP \nPERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK \nAISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 3 TAMBAHSARI TAHUN AJARAN \n2017/2018\n\n" . "text/html" . . . "LB Theory and practice of education"@en . . . "LB1501 Primary Education"@en . .