TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints37261 UR - http://digilib.unila.ac.id/37261/ A1 - USWATUN IKA FITRIANA , 1413053135 Y1 - 2018/10/10/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah keterampilan menggunakan variasi media pembelajaran, keterampilan mengelola kelas yang belum maksimal dan hasil belajar matematika siswa yang belum memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan menggunakan variasi media pembelajaran dan keterampilan mengelola kelas di sekolah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 06 Metro Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah ex postfacto. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 06 Metro Barat yang berjumlah 93 siswa. Alat pengumpulan data berupa angket dengan skala Likert yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment dan multiple correlation. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan menggunakan variasi media pembelajaran dan keterampilan mengelola kelas di sekolah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 06 Metro Barat. Kata kunci: hasil belajar, keterampilan menggunakan variasi media pembelajaran,, keterampilan mengelola kelas. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGGUNAKAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN DAN KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 06 METRO BARAT AV - restricted ER -