@misc{eprints37266, month = {Agustus}, title = {EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING BERBASIS LMS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKURI PADA MATERI FLUIDA STATIS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA}, author = {1413022053 NOOR LAILY AKHMALIA }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2018}, url = {http://digilib.unila.ac.id/37266/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas blended learning berbasis LMS dengan model pembelajaran inkuiri terhadap penguasaan konsep siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 16 Bandarlampung. Pada kelas eksperimen menggunakan blended learning berbasis LMS dengan model pembelajaran inkuri sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran dilakukan dengan metode ceramah (model konvensional). Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Setelah semua data diperoleh data diuji dengan SPSS 21.00 yaitu dengan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan Ancova. Berdasarkan hasil dari uji Ancova nilai Fhitung {\ensuremath{>}} Ftabel (15,45 {\ensuremath{>}} 3,98), maka dapat dinyatakan terdapat perbedaan rata-rata penguasaan konsep siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol artinya blended learning berbasis LMS dengan model pembelajaran inkuiri memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan konsep siswa, serta lebih efektif untuk iii meningkatkan penguasaan konsep siswa, hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata N-gain pada kelas eksperimen 0,84 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol 0,70 dengan kategori sedang. Kata kunci: Blended Learning, Model Pembelajaran Inkuiri, Penguasaan Konsep} }