TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints37269 UR - http://digilib.unila.ac.id/37269/ A1 - RIKA MUSLIKHAH , 1413053109 Y1 - 2018/09/27/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Metro Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar, untuk mengetahui hubungan aktivitas belajar dengan hasil belajar, untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan aktivitas belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah expostfacto korelasi, dengan populasi 72 orang, sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumplan data yang dilakukan adalah observasi, tes formatif, angket, dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar peserta didik dengan koefisien korelasi sebesar 0,45 berada pada taraf rendah. Terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara aktivitas belajar dengan dengan hasil belajar peserta didik dengan koefisien korelasi sebesar 0,10 berada pada taraf rendah. Terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara kecerdasan emosional dan aktivitas belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Metro Pusat ditunjukkan dengan kofisien kolerasi sebesar 0,47 berada pada taraf sedang. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, kecerdasan emosional, abstract The problem in this study is the low learning outcomes of fourth grade students of SD Negeri 5 Metro Pusat. The purpose of this study was to determine the significant relationship between emotional intelligence and learning outcomes, to determine the relationship of learning activities with learning outcomes, to determine the relationship of emotional intelligence and learning activities together with the learning outcomes of students. This type of research is expostfacto correlation, with a population of 72 people, the sample used is saturated sampling. Data collection techniques carried out are observation, formative tests, questionnaires, documentation. Hypothesis testing uses product moment and multiple correlation correlation formulas. The results showed that there was a significant and positive relationship between emotional intelligence and learning outcomes of students with a correlation coefficient of 0.45 at a low level. There is a significant and positive relationship between learning activities with the learning outcomes of students with a correlation coefficient of 0.10 at a low level. There is a significant and positive relationship between emotional intelligence and learning activities together with the learning outcomes of students in grade IV of SD Negeri 5 Metro Pusat shown by the correlation coefficient of 0.47 is at a moderate level. Keywords: learning activities, learning outcomes, emotional intelligence, PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PROJECT BASED LEARNING KELAS IV SD NEGERI 5 METRO PUSAT AV - restricted ER -