TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints37276 UR - http://digilib.unila.ac.id/37276/ A1 - CAHYANI DELA SANDORA , 1413024019 Y1 - 2018/10/08/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan bahan ajar berbasis kearifan lokal meningkatkan aktivitas belajar, hasil belajar peserta didik dan Tanggapan siswa terhadap penggunaan bahan ajar berbasis kearifan lokal. Sampel dalam penelitian ini yaitu 22 peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Kuripan Kecamatan Pesisir Utara Kabupaten Pesisir Barat. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik Total Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan nilai pretes, postes, lembar observasi aktivitas dan angket tanggapan peserta didik. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa bahan ajar berbasis kearifan lokal berpengaruh pada aktivitas belajar peserta didik secara keseluruhan berkriteria baik. Peningkatan hasil belajar (n-Gain) memiliki rata-rata 0,66 termasuk dalam kriteria sedang. Sehingga bahan ajar berbasis kearifan lokal efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik pada materi peduli terhadap makhluk hidup. Kata kunci: aktivitas peserta didik, bahan ajar berbasis kearifan lokal, hasil belajar, peduli terhadap makhluk hidup PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS PENERAPAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 KURIPAN TAHUN AJARAN 2018/2019 AV - restricted ER -