%A 1443053051 RIZKI AMALIA %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS IV %X Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar tematik siswa SDN 3 AdipuroTrimurjo Lampung Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar tematik. Metode penelitian ini adalah eksperimen bentuk Nonequivalent Kontrol Group Design dengan jenis pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelasIV SD Negeri 3Adipuro Trimurjo Lampung Tengah sebanyak 38 siswa, dengan sampel adalah kelas IVB sebanyak 19 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui tes. Hasil analisis uji mann whitney U memperoleh Z hitung sebesar 0,359 dan Z tabel 1,00, hal ini menunjukkan bahwa Zhitung< Ztabel maka disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar tematik kelas IV SD Negeri 3 Adipuro Trimurjo Lampung Tengah. Kata kunci : hasil belajar, STAD, tematik ABSTRACT The problem in this research is students? thematic learning result of State Elementary School 3 AdipuroTrimurjo,Central Lampung which is still low.This study aims to find out whether there is influence of STAD learning model on thematic learning result. This research method is Nonequivalent Kontrol Group Design with pretest-posttest designtype. The population of this research is the fourth-grade students of State Elementary School 3 AdipuroTrimurjo,Central Lampung with the total of 38 students, with the sample in is class IVA with the total of student of 19 students. Research data collected through the test. The result of mann whitney U test analysis obtained Z count equal to 0,359 and Z table 1,00, it shows that Zcount>Ztable, it can be concluded that there is an influence of the use of inquiry learning model on thematic learning result of grade four of State Elementary School 3 AdipuroTrimurjo, Central Lampung. Keywords:STAD learning, learning outcomes, thematic %D 2018 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1443053051 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints37295