<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT INSTRUMEN UNTUK MELATIH\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF DALAM\r\nASSESSMENT FOR LEARNING FISIKA SISWA SMA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat instrumen asesmen,\r\nmendeskripsikan kelayakan instrumen asesmen yang memenuhi unsur kevalidan,\r\nkepraktisan, dan keefektifan instrumen asesmen dalam melatih kemampuan berpikir\r\nkritis dan kreatif siswa SMA. Metode penelitian menggunakan metode penelitian\r\npengembangan yang dikembangkan oleh model Borg dan Gall. Pada penelitian ini\r\ndigunakan 7 langkah yang terdiri atas penelitian dan pengumpulan informasi,\r\nperencanaan, pengembangan produk awal, uji coba terbatas, revisi produk awal, uji\r\ncoba lapangan, dan revisi produk akhir. Teknik pengambilan sampel menggunakan\r\npurposive sampling yaitu siswa kelas X SMA di Tanggamus. Instrumen yang\r\ndigunakan dalam penelitian yaitu angket validasi, angket kepraktisan tes dan\r\ninstrumen tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Instrumen asesmen kemampuan\r\nberpikir kritis dan kreatif yang dikembangkan disesuaikan dengan indikator KD gerak\r\nharmonis sederhana dan indikator kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Selain itu,\r\npengembangan instrumen juga memperhatikan dimensi pengetahuan taksonomi\r\nBloom yang telah direvisi, yaitu Taksonomi Anderson dan Krathwohl menjadi dua\r\ndimensi yaitu Knowledge Dimension (dimensi pengetahuan) dan Cognitive Process\r\nDimension (dimensi proses kognisi). Hasil validasi tiga dosen ahli dan satu praktisi\r\nahli menyatakan bahwa instrumen asesmen hasil pengembangan sudah layak\r\ndigunakan dengan kategori tinggi (72%) untuk aspek bahasa, konstruksi, dan konten.\r\nInstrumen asesmen hasil pengembangan praktis digunakan dalam pembelajaran fisika\r\ndengan skor rerata dalam kategori sangat tinggi (84,4%). Instrumen asesmen efektif\r\ndigunakan dalam pembelajaran sebagai assessment for learning, siswa yang memiliki\r\nkemampuan berpikir kritis dan kreatif dengan skor rerata sebesar 62,9 dan 61,1.\r\nDengan demikian, instrumen asesmen kemampuan berpikir kritis dan kreatif yang\r\ntelah dikembangkan efektif melatih siswa untuk memiliki kemampuan berpikir kritis\r\ndan kreatif yang baik, sehingga instrumen asesmen dapat digunakan sebagai\r\nassessment for learning bagi siswa.\r\nKata kunci: Instrumen, Asesmen, Indikator kemampuan berpikir kritis dan kreatif\r\n\r\nabstract\r\n\r\nThis study aims to develop assessment instruments, describe the appropriateness of\r\nassessment instruments that fill the elements of validity, practicality, and\r\neffectiveness of assessment instruments in training the critical and creative thinking\r\nskills of high school students. The research method used a development research\r\nmodel developed by the model of Borg & Gall. In this study seven steps were used\r\nconsisting of research and information gathering, planning, initial product\r\ndevelopment, limited trials, initial product revisions, field trials, and final product\r\nrevisions. The sampling technique used was purposive sampling technique, namely\r\nthe high school students of class X in Tanggamus. The instruments used are\r\nvalidation instruments, practicality tests and critical and creative thinking skills, and\r\ntest instruments for critical and creative thinking skills. The instruments for critical\r\nand creative thinking skills developed is adapted to basic competency indicators\r\ncritical and creative thinking skills indicators. On the other hand, the development of\r\ninstruments also takes into account the dimensions of revised Bloom Taxonomy,\r\nnamely Anderson and Krathwohl Taxonomy into to two dimension, namely\r\nKnowledge Dimension and Cognitive Process Dimension). The validation results of\r\nthree expert lecturers and one expert practitioners stated that the assessment results of\r\nthe development were feasible to be used in the high category (72%) for aspects of\r\nlanguage, construction, and content. Assessment instruments resulting from practical\r\ndevelopment are used in physics learning with an average score in the very high\r\ncategory (84.4%). Assessment instruments are used in learning as assessment for\r\nlearning, student who have critical and creative thinking skills with score average\r\n62,9 and 61,1. Thus, assessment instruments for critical and creative thinking skills\r\nthat have been developed effectively train students to have good critical and creative\r\nthinking skills, so that assessment instruments can be used as assessment for learning\r\nfor students.\r\nKeywords: Instrument, Assessment, Indicator of critical and creative thinking skills"^^ . "2018-10-13" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . "1623022007"^^ . "RIA HERPIANA "^^ . "1623022007 RIA HERPIANA "^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT INSTRUMEN UNTUK MELATIH\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF DALAM\r\nASSESSMENT FOR LEARNING FISIKA SISWA SMA (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT INSTRUMEN UNTUK MELATIH\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF DALAM\r\nASSESSMENT FOR LEARNING FISIKA SISWA SMA (File PDF)"^^ . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT INSTRUMEN UNTUK MELATIH\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF DALAM\r\nASSESSMENT FOR LEARNING FISIKA SISWA SMA (File PDF)"^^ . . . "TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . "HTML Summary of #37301 \n\nPENGEMBANGAN PERANGKAT INSTRUMEN UNTUK MELATIH \nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF DALAM \nASSESSMENT FOR LEARNING FISIKA SISWA SMA\n\n" . "text/html" . . . " " . . . "Karya Karya Umum = 000" . .