?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+JIGSAW+TERHADAP+PRESTASI+BELAJAR+GEOGRAFI%0D%0ASISWA+SMA+AL-AZHAR+3+BANDAR+LAMPUNG%0D%0ATAHUN+PELAJARAN+2013-2014&rft.creator=Desi+Ilva+Maryani%2C+0913034083&rft.subject=+&rft.subject=Karya+Karya+Umum+%3D+000&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui%3A+(1)+Perbedaan+rata-rata+nilai+pretes+geografi+pada+kelas+kontrol+dan+kelas+eksperimen%2C+(2)+Perbedaan+yang+signifikan+rata-rata+nilai+postes+geografi+pada+kelas+kontrol+dan+kelas+eksperimen%2C+(3)+Perbedaan+yang+signifikan+gain+prestasi+belajar+geografi+pada+kelas+kelas+kontrol+dan+kelas+eksperimen%2C+(4)+Efektivitas+metode+pembelajaran+teknik+jigsaw.+Metode+yang+digunakan+pada+penelitian+ini+adalah+eksperimen+semu.+Populasi+dalam+penelitian+ini+adalah+siswa+kelas+XI+IPS+SMA+Al-Azhar+3+Bandar+Lampung+yang+berjumlah+111+orang.+Pengambilan+sampel+menggunakan+teknik+purposive+sampling%2C+dipilih+kelas+XI+IPS+2+sebagai+kelas+kontrol+dan+XI+IPS+3+sebagai+kelas+eksperimen.+Alat+pengumpulan+data+yang+digunakan+adalah+tes+prestasi+belajar+berupa+pretes+dan+postes+pada+materi+sumber+daya+alam.+Analisis+data+yang+digunakan+adalah+uji+t+independent+samples+test.%0D%0AHasil+dalam+penelitian+ini%3A+(1)+Tidak+ada+perbedaan+rata-rata+nilai+pretes+geografi+antara+kelas+eksperimen+(metode+pembelajaran+jigsaw)+dan+kelas+kontrol.+Hal+tersebut+dibuktikan+dari+pengujian+hipotesis+pertama+dengan+menggunakan+uji+t%2C+didapat+thitung+1.125+dan+ttabel+1.99+dengan+nilai+probabilitas+%3D+0%2C264+%3E+0%2C05%3B+(2)+Rata-rata+postes+geografi+pada+kelas+eksperimen+(metode+pembelajaran+jigsaw)+lebih+tinggi+dibandingkan+kelas+kontrol%2C+ditunjukkan+dari+hasil+perhitungan+thitung+3.609+%3E+ttabel+1.99%2Cdengan+nilai+probabilitas+%3D+0.001+%3C+0.05%3B+(3)+Gain+(peningkatan)+prestasi+belajar+geografi+pada+kelas+eksperimen+lebih+tinggi+dibandingkan+dengan+kelas+kontrol%2C+ditunjukkan+dari+hasil+perhitungan+thitung+2.918+%3E+ttabel+1.99+dengan+nilai+probabilitas+0.005+%3C+0.05.+(4)+Metode+pembelajaran+teknik+jigsaw+lebih+efektif+dibandingkan+metode+ceramah%2C+ditunjukkan+dengan+hasil+perhitungan+ketuntasan+belajar+kelas+eksperimen+%3D+86%25+lebih+besar+dari+ketuntasan+belajar+kelas+kontrol+%3D+53%25+(86%25+%3E+53%25).&rft.publisher=FAKULTAS+KIP&rft.date=2014&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3737%2F1%2FAbstrak.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3737%2F2%2FCover%2520Dalam.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3737%2F3%2FLembar%2520Persetujuan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3737%2F4%2FLembar%2520Pengesahan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3737%2F8%2FSurat%2520Pernyataan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3737%2F5%2FRiwayat%2520Hidup.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3737%2F6%2FMoto.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3737%2F7%2FHalaman%2520Persembahan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3737%2F9%2FSanwacana.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3737%2F10%2FDaftar%2520Isi.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3737%2F11%2FDaftar%2520Tabel.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3737%2F12%2FDaftar%2520Gambar.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3737%2F13%2FDaftar%2520Lampiran.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3737%2F14%2FBab%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3737%2F15%2FBab%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3737%2F16%2FBab%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3737%2F17%2FBab%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3737%2F18%2FBab%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3737%2F19%2FDaftar%2520Pustaka.pdf&rft.identifier=++Desi+Ilva+Maryani%2C+0913034083++(2014)+EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+JIGSAW+TERHADAP+PRESTASI+BELAJAR+GEOGRAFI+SISWA+SMA+AL-AZHAR+3+BANDAR+LAMPUNG+TAHUN+PELAJARAN+2013-2014.++FAKULTAS+KIP%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3737%2F