TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints374 UR - http://digilib.unila.ac.id/374/ A1 - Teko Hartonodan , AGUSTIN SRI INDRIANI Y1 - 2013/03/11/ N2 - Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IVB SDN 1 Kaliawi Bandar Lampung. Sebagian besar siswa tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA siswa kelas IV B SDN 1 Kaliawi Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014 melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus.Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SDN 1 Kaliawi Bandar Lampung sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data menggunakantes dan lembar observasi aktivitas belajar siswa.Untuk data hasil belajar siswa terhadap materi yang dipelajari, digunakan soal pre tes dan post tes (evaluasi). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik prosentase dengan membandingkan standar ketuntasan belajar minimal yang ditetapkan yaitu Penelitian ini menunjukkan bahwa telah ada peningkatan pada rata-rata aktivitas siswa dari siklus I hingga siklus II. Hal tersebut juga terjadi pada hasil belajar siswa dan ketuntasan belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IVB SDN 1 Kaliawi Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014. Kata Kunci : Pembelajaran kooperatif tipe STAD, aktivitas dan hasil. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS IV B SDN 1 KALIAWI TANJUNGKARANG PUSAT BANDAR LAMPUNG TP. 2013/2014 AV - restricted ER -