?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+MATEMATIKA+DENGAN+MENGGUNAKAN+MODEL+PEMBELAJARAN++KOOPERATIF+TIPE+JIGSAW+PADA+SISWA+KELAS+IV++%0D%0ASDN+2+SUMUR+PUTRI+BANDAR+LAMPUNG+TAHUN+PELAJARAN+2012%2F2013+&rft.creator=.%2C+Asmawati+&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=LB1501+Primary+Education&rft.description=+%0D%0APembelajaran+di+SD+Negeri+2+Sumur+Putri+Kecamatan+Teluk+Betung+Utara+Bandar+Lampung+yang+dilakukan+selama+ini+dengan+cara+mengajar+guru+yang+tidak+menarik%2C+banyak+menggunakan+metode+ceramah%2C+pembelajaran+yang+bersifat+satu+arah.+Tujuan+penelian+ini%3A+1)+mendeskripsikan+aktivitas+belajar+Matematika+pada+kelas+IV+SDN+2+Sumur+Putri+dengan+menggunakan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+jigsaw%2C+2)+Mendeskripsikan+hasil+belajar+Matematika+pada+siswa+kelas+IV+SDN+2+Sumur+Putri+dengan+menggunakan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+Jigsaw.++Metode+yang+digunakan+dalam+penelitian+ini+adalah+Peneltian+Tindakan+Kelas+sebanyak+2+siklus+dengan+langkah-langkahnya%3A+perencanaan%2C+tindakan%2C+observasi%2C+dan+refleksi.+Teknik+pengumpulan+data+dilakukan+dengan+menggunakan+observasi+selama+tindakan+dan+tes+hasil+belajar+siswa.+Subjek+dalam+penelitian+ini+adalah+siswa+kelas+IV+SDN+2+Sumur+Putri+yang+terdiri+dari+25+orang+siswa+dengan+komposisi+13+orang+siswa+laki-laki+dan+12+orang+siswa+perempuan.++Hasil+penelitian+ini+menunjukkan+bahwa+melalui+penggunaan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+jigsaw+dalam+pembelajaran+Matematika+ternyata+mengalami+peningkatan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa.+Hal+ini+terlihat+dari+aktivitas+ratarata+siswa+yang+pada+siklus+I+56%2C00%25+pada+siklus+II+meningkat+menjadi+71%2C42%25%2C+hasil+belajar+siswa+juga+mengalami+peningkatan+pada+prasiklus+dengan+nilai+ratarata+siswa+49%2C20%2C+nilai+rata-rata+siswa+meningkat+pada+siklus+I+menjadi+56%2C80%2C+dan+pada+siklus+II+nilai+rata-rata+siswa+menjadi+63%2C24++Kata+kunci%3A+Aktivitas%2C+hasil+belajar%2C+dan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+%0D%0A+%0D%0AJigsaw+&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2013-03-18&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F375%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F375%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F375%2F3%2FMENYETUJUI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F375%2F4%2FMENGESAHKAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F375%2F5%2FSURAT%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F375%2F6%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F375%2F7%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F375%2F8%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F375%2F9%2FDAFTAR%2520LAMPIRAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F375%2F10%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F375%2F11%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F375%2F12%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F375%2F13%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F375%2F14%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F375%2F15%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F375%2F16%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=++.%2C+Asmawati+++(2013)+PENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+MATEMATIKA+DENGAN+MENGGUNAKAN+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+JIGSAW+PADA+SISWA+KELAS+IV+SDN+2+SUMUR+PUTRI+BANDAR+LAMPUNG+TAHUN+PELAJARAN+2012%2F2013.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F375%2F