%0 Generic %A ., Asmawati %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:375 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SDN 2 SUMUR PUTRI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %U http://digilib.unila.ac.id/375/ %X Pembelajaran di SD Negeri 2 Sumur Putri Kecamatan Teluk Betung Utara Bandar Lampung yang dilakukan selama ini dengan cara mengajar guru yang tidak menarik, banyak menggunakan metode ceramah, pembelajaran yang bersifat satu arah. Tujuan penelian ini: 1) mendeskripsikan aktivitas belajar Matematika pada kelas IV SDN 2 Sumur Putri dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, 2) Mendeskripsikan hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV SDN 2 Sumur Putri dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Peneltian Tindakan Kelas sebanyak 2 siklus dengan langkah-langkahnya: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi selama tindakan dan tes hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Sumur Putri yang terdiri dari 25 orang siswa dengan komposisi 13 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran Matematika ternyata mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari aktivitas ratarata siswa yang pada siklus I 56,00% pada siklus II meningkat menjadi 71,42%, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada prasiklus dengan nilai ratarata siswa 49,20, nilai rata-rata siswa meningkat pada siklus I menjadi 56,80, dan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 63,24 Kata kunci: Aktivitas, hasil belajar, dan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw