?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=Penggunaan+Metode+Pembelajaran+Inkuiri+Terbimbing+terhadap+Keterampilan+Proses+Sains+dan+Penguasaan+Konsep+oleh+Siswa+(Studi++Eksperimen+pada+Siswa+Kelas+VII++MTs+Muhammadiyah+1+Natar+pada++Materi+Pokok+Ciri-Ciri+Makhluk+Hidup+Tahun+Ajaran+2013%2F2014)%0D%0A&rft.creator=Fiska+Aulia++Rahmah%2C+1013024035&rft.subject=+&rft.description=Hasil+observasi+di+kelas+VII+MTs+Muhammadiyah+1Natar+diketahui+bahwa+keterampilan+proses+sains+belum+terasah+dan+penguasaan+konsep+siswa+masih+rendah.Oleh+karena+itu%2C+perlu+adanya+suatu+kegiatan+pembelajaran+yang+dapat+meningkatkan+keterampilan+proses+sains+dan+penguasaan+konsep+siswa.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+model+inkuiri+terbimbing+terhadap+keterampilan+proses+sains+dan+penguasaan+konsep+siswa.%0D%0A%0D%0APenelitian+ini+merupakan+eksperimental+semu+dengan+desain+kelas+kontrol+tak+ekuivalen.+Sampel+penelitian+adalah+siswa+kelas+VII+A+dan+VII+B+yang+dipilih+secara+purposive+sampling.+Data+penelitian+ini+berupa+data+kuantitatif+dan+kualitatif.+Data+kuantitatif+berupa+keterampilan+proses+sains+siswa%2C+diperoleh+dari+rata-rata+nilai+N-gain+yang+dianalisis+secara+statistik+menggunakan+uji-U+pada+tarif+kepercayaan+5%25+dan+data+penguasaan+konsep+oleh+siswa+diperoleh+dari+rata-rata+nilai+N-gain+yang+dianalisis+secara+statistik+menggunakan+uji-t.+Data+kualitatif+berupa+angket+tanggapan+siswa+terhadap+penggunaan+metode+inkuiri+terbimbing+yang+dianalisis+secara+deskriptif.%0D%0A%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+penggunaan+metode+pembelajaran+Inkuiri+tidak+berpengaruh+secara+signifikan+terhadap+peningkatan++keterampilan+proses+sains+siswa.+Dengan+rata-rata+N-gain+yaitu+56%2C12.+Terjadi+peningkatan+pada+setiap+indikator+KPS%2C+yaitu+indikator+menginferensi+67%2C44+%25+(sedang)%2C+mengintrepretasi+67%2C24+%25+(sedang)%2C+mengklasifikasi+49%2C93%25++(sedang)%2C+mengkomunikasi+42%2C65+%25+(sedang)%2C++mengidentifikasi+37%2C21+%25+(sedang)%2C+mengobservasi+34%2C39+%25+(sedang).+Penggunaan+metode+pembelajaran+Inkuiri+Terbimbing+tidak+berpengaruh+secara+signifikan+terhadap+peningkatan+penguasaan+konsep+siswa+yaitu+dengan+nilai+rata-rata+++N-gain+yaitu+60%2C41.Terjadi+peningkatan+pada+setiap+indikator+penguasaan+konsep+yaitu+indikator+C1+74%2C72%25+(tinggi)%2C+indikator+C2+51%2C68%25+(sedang).+Dengan+demikian%2C+pembelajaran+menggunakan+metode+inkuiri+terbimbing+tidak+berpengaruh+secara+signifikan+terhadap+peningkatan++keterampilan+proses+sains+siswa%2C+namun+berpengaruh+secara+signifikan+terhadap+peningkatan++penguasaan+konsep+oleh+siswa+pada+materi+pokok+ciri-ciri+makhluuk+hidup.+Siswa+100%25+memberikan+tanggapan+positif+terhadap+metode+inkuiri+terbimbing.%0D%0A%0D%0AKata+kunci+%3A+Inkuiri+Terbimbing%2C+Keterampilan+Proses+Sains%2C+Penguasaan+Konsep%2C+Ciri-Ciri+Makhluk+Hidup.%0D%0A%0D%0A%0D%0A&rft.publisher=FKIP&rft.date=2014-10-01&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3756%2F5%2FCOVER%2520LUAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3756%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3756%2F2%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3756%2F3%2FLEMBAR%2520PERETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3756%2F4%2FLEMBAR%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3756%2F6%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3756%2F7%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3756%2F8%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3756%2F9%2FLEMBAR%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3756%2F10%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3756%2F11%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3756%2F12%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3756%2F13%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3756%2F14%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3756%2F15%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3756%2F16%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3756%2F17%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3756%2F18%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3756%2F19%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Fiska+Aulia+Rahmah%2C+1013024035++(2014)+Penggunaan+Metode+Pembelajaran+Inkuiri+Terbimbing+terhadap+Keterampilan+Proses+Sains+dan+Penguasaan+Konsep+oleh+Siswa+(Studi+Eksperimen+pada+Siswa+Kelas+VII+MTs+Muhammadiyah+1+Natar+pada+Materi+Pokok+Ciri-Ciri+Makhluk+Hidup+Tahun+Ajaran+2013%2F2014).++FKIP%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F3756%2F