?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=+%0D%0APENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+SISWA+PADA+PEMBELAJARAN+IPA++MELALUI++MODEL+PEMBELAJARAN+%0D%0AKOOPERATIF+TIPE+STUDENT+TEAMS-ACHIEVEMENT+DIVISIONS+(STAD)++PADA+SISWA+KELAS+V+SD+N+2+GEDUNG+AIR+BANDAR+LAMPUNG+&rft.creator=Sutaji%2C+HERU+SUHARTI+&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=LB1501+Primary+Education&rft.description=+Penelitian+ini+di+latarbelakangi+rendahnya+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+kelas+V+SDN+2+Gedung+Air+khususnya+mata+pelajaran+IPA%2Crendahnya+aktivitas+dan+hasil+belajar+disebabkan+karena+guru+belum+menggunakan+model+pembelajaran+yang+inovatif.+Salah+satu+sistem+pembelajaran+yang+dirancang+agar+memberikan+kesempatan+kepada+siswa+untuk+bekerja+sama+dengan+sesama+siswa+dalam+tugastugas+terstruktur+adalah+dengan+pembelajaran+kooperatif.Tujuan+penelitian+ini+untuk+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+kelas+V+SDN+2+Gedung+Air+dalam+pembelajaran+IPA+melalui+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+STAD.++Penelitian+ini+menggunakan+pendekatan+penelitian+Tindakan+Kelas+yang+difokuskan+pada+situasi+kelas.+Kegiatan+ini+dilaksanakan+melalui+tahap+perencanaan%2C+pelaksanaan%2C+observasi+dan+refleksi.+Alat+pengumpulan+data+dilakukan+dengan+cara+observasi+dan+tes+hasil+belajar.+Analisis+data+dalam+penelitian+ini+bersifat+kualitatif+dan+kuantitatif.++Hasil+penelitian+dapat+diketahui+bahwa+melalui+model+pembelajaran+kooperatif+dapat+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+kelas+V+SDN+2+Gedung+Air.+Aktivitas+siswa+dalam+mengikuti+pembelajaran+terlihat+semakin+meningkat%2C+pada+siklus+I+sebesar+69.86%25+dengan+kategori+%E2%80%9Ckurang%E2%80%9D+%2C+siklus+II+sebesar+80.18%25+Terjadi+peningkatan+dari+siklus+I+ke+siklus+II+sebesar+10.32%25.+Begitu+pula+dengan+hasil+belajar+siswa+meningkat+pada+setiap+siklusya.+Pada+siklus+I+siswa+yang+tuntas+belajar+sebesar+66.66%25+dengan+kategori+%E2%80%9C+kurang+%E2%80%9Cdan+pada+siklus+II+siswa+yang+tuntas+belajar+sebesar+86.66%25+dengan+kategori+%E2%80%9C+baik+%E2%80%9Cterjadi+peningkatan+dari+siklus+I+dan+ke+siklus+II+sebesar+20%25.++%0D%0AKata+kunci+%3A+aktivitas%2C+hasil+belajar%2C+IPA%2C+koooeratif.+&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2013-06-16&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F378%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F378%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F378%2F3%2FLEMBAR%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F378%2F4%2FLEMBAR%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F378%2F5%2FLEMBAR%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F378%2F6%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F378%2F7%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F378%2F8%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F378%2F9%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F378%2F10%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F378%2F11%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F378%2F12%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F378%2F13%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F378%2F14%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=++Sutaji%2C+HERU+SUHARTI+++(2013)++PENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+SISWA+PADA+PEMBELAJARAN+IPA+MELALUI+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+STUDENT+TEAMS-ACHIEVEMENT+DIVISIONS+(STAD)+PADA+SISWA+KELAS+V+SD+N+2+GEDUNG+AIR+BANDAR+LAMPUNG.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F378%2F