creators_name: Sutaji, HERU SUHARTI type: other datestamp: 2014-01-11 04:19:32 lastmod: 2014-01-11 04:19:32 metadata_visibility: show title: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS V SD N 2 GEDUNG AIR BANDAR LAMPUNG ispublished: pub subjects: LB subjects: LB1501 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini di latarbelakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Gedung Air khususnya mata pelajaran IPA,rendahnya aktivitas dan hasil belajar disebabkan karena guru belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Salah satu sistem pembelajaran yang dirancang agar memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja sama dengan sesama siswa dalam tugastugas terstruktur adalah dengan pembelajaran kooperatif.Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Gedung Air dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Tindakan Kelas yang difokuskan pada situasi kelas. Kegiatan ini dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Alat pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa melalui model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Gedung Air. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran terlihat semakin meningkat, pada siklus I sebesar 69.86% dengan kategori “kurang” , siklus II sebesar 80.18% Terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 10.32%. Begitu pula dengan hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklusya. Pada siklus I siswa yang tuntas belajar sebesar 66.66% dengan kategori “ kurang “dan pada siklus II siswa yang tuntas belajar sebesar 86.66% dengan kategori “ baik “terjadi peningkatan dari siklus I dan ke siklus II sebesar 20%. Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, IPA, koooeratif. date: 2013-06-16 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung related_url_type: pub citation: Sutaji, HERU SUHARTI (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS V SD N 2 GEDUNG AIR BANDAR LAMPUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/378/1/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/378/2/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/378/3/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/378/4/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/378/5/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/378/6/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/378/7/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/378/8/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/378/9/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/378/10/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/378/11/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/378/12/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/378/13/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/378/14/LAMPIRAN.zip