@misc{eprints38, month = {Desember}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sekampung Udik TP 2012/2013)}, author = {YULIAN SURYA PRATAMA Daud}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas MIPA}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/38/}, abstract = {Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Pembelajaran kooperatif tipe TPS merupakan pembelajaran kelompok dimana siswa diberi kesempatan untuk berfikir mandiri dan saling membantu dengan teman yang lain. Pelaksanaan Think Pair Share meliputi tiga tahap yaitu Think (berpikir), Pairing (berpasangan), dan Sharing (berbagi). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Sekampung Udik tahun pelajaran 2012/2013 yang terdistribusi ke dalam lima kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIC yang diambil dengan teknik purposive sampling dengan menggunakan desain penelitian posttest only control design. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sekampung Udik tahun pelajaran 2012/2013. Kata kunci : Pengaruh, Think Pair Share, Pemahaman Konsep Matematis.} }