%0 Generic %A Suagiri , TIKA FRANSISKA %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:381 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IVB SD NEGERI 3 KARANG ENDAH LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %U http://digilib.unila.ac.id/381/ %X Penelitian ini berlatarbelakang dari rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika bagi siswa kelas IVB SD Negeri 3 Karang Endah. Tujuan perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw dan media grafis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus melalui proses pengkajian berdaur, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 50,41% dengan kualifikasi cukup aktif, siklus II sebesar 62,58% dengan kualifikasi aktif, dan siklus III sebesar 81,50% dengan kualifikasi sangat aktif. Persentase hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I sebesar 62,50%, siklus II sebesar 70,84%, dan siklus III sebesar 83,33%. Peningkatan hasil belajar siswa didukung uji perbedaan hasil tes formatif dengan menggunakan t-tes, didapatkan hasil t (siklus I-II) = 6,617 > t = 2,069 dan t tabel (siklus II-III) = 7,830 > t hitung tabel hitung = 2,069 pada α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Kata kunci: Model jigsaw, media grafis, aktivitas, hasil belajar.