@mastersthesis{eprints3838, month = {Oktober}, title = {Perbedaan Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual Dan Berbasis Masalah Dengan Kemampuan Awal Pada Mata Pelajaran Fisika Siswa Kelas XII IPA Di SMA Negeri 13 Bandar Lampung}, school = {Universitas Lampung}, author = {0923011108 Triyatmo}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/3838/}, abstract = {Pengembangan Video Pembelajaran Keterampilan Bercerita Bagi Guru TK Di Bandar Lampung.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan : (1) interaksi antara model pembelajaran kontekstual dan berbasis masalah dan kemampuan awal dengan prestasi belajar pada mata pelajaran fisika; (2) perbedaan rata-rata prestasi belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kontekstual dan berbasis masalah dengan kemampuan awal pada mata pelajaran fisika; (3) perbedaan rata-rata prestasi belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kontekstual dan berbasis masalah dengan kemampuan awal tinggi pada mata pelajaran fisika; (4) perbedaan rata-rata prestasi belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kontekstual dan berbasis masalah dengan kemampuan awal rendah pada mata pelajaran fisika.Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian ex post facto. Data dianalisis secara kuantitatif dengan rumus anava dan uji t.Kesimpulan penelitian adalah: (1) Ada interaksi antara pembelajaran kontekstual dan berbasis masalah serta kemampuan awal dengan prestasi belajar fisika dengan nilai Fhitung = 126,645 {\ensuremath{>}} Ftabel = 4,11 pada taraf 0,05; (2) Rata-rata prestasi belajar fisika siswa yang menggunakan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan Fhitung = 26,005 {\ensuremath{>}} Fhitung = 4,11 pada taraf 0,05; (3) Rata-rata prestasi belajar fisika siswa yang menggunakan pembelajaran kontekstual tidak lebih tinggi dari siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah pada kemampuan awal tinggi dengan thitung = -14,974 {\ensuremath{<}} ttabel = 2,101 dengan taraf signifikan 0,05; (4) Rata-rata prestasi belajar fisika siswa yang menggunakan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah pada kemampuan awal rendah dengan thitung = 36,006 {\ensuremath{>}} ttabel = 2,101 pada taraf signifikan 0,05. Kata Kunci: prestasi belajar, pembelajaran kontekstual, pembelajaran berbasis masalah Differences Between Students? Achievement Using The Models Of Contextual Learning And Problem-Based Learning With Different Early Competence In The Subject Of Physics Of Grade XII Of Science Program Of SMAN 13 Bandar Lampung The purpose of this study is to describe: (1) The interaction between the students? achievement using contextual learning model and problem -based learning model with different early competence in the subject of physics; (2) The difference between the students? average achievement using contextual learning model and problem-based learning model with different early competence in the subject of physics; (3) The difference between the students? average achievement using contextual learning model and problem-based learning model with high early competence in the subject of physics; (4) The difference between the students? average achievement using contextual learning model and problem-based learning model with low early competence in physics.The research method used is ex post facto research. The data was analyzed quantitatively with ANOVA formula and t-test.Based on the above results, the researchers conclude as follows: (1) There is interaction between students who use contextual learning model and problem-based learning and early competence with the students? achievement in learning physics with a value of Fcount = 126.645{\ensuremath{>}} Ftable = 4.11 at 0.05 level; (2) The average of the students?achievement in learning physics using contextual learning is higher than that of using problem-based learning with a value Fcount = 26,05{\ensuremath{>}} Ftable =4.11 at 0.05 level; (3) The average achievement in learning physics using contextual learning is not higher than that of using problem-based learning for the students with a value tcount = 14.974 {\ensuremath{<}} ttable = 2.101, with significance level of 0.05; (4) The average achievement in learning physics using contextual learning is not higher than that of using problem-based learning for the students with low early competence with a value: tcount = 36,006{\ensuremath{>}} ttable = 2.101 at significance level of 0.05. Keywords: achievement, contextual learning, problem based learning } }