%0 Generic %A Sanmirja, YUYUN SUPARMAN %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:384 %I Fakultas KIP %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONTRASI PADA SISWA KELAS V SDN 3 BULUKARTO KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN 2012/2013 %U http://digilib.unila.ac.id/384/ %X Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 3 Bulukarto Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA menggunakan metode demonstrasi. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan kinerja guru, perangkat tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar yaitu pada siklus I nilai 77 kategori aktif dan siklus II nilai 97 kategori aktif. Hasil belajar siswa siklus I mencapai ketuntasan 48% pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 92%. Kinerja guru pada siklus I nilai 76,55 dan siklus II nilai 82,76mengalami peningkatan 6,21 %. Kata Kunci: Aktivitas dan hasil belajar, metode demonstrasi