TY - GEN CY - Unila ID - eprints3846 UR - http://digilib.unila.ac.id/3846/ A1 - Rokiman, Rokiman Y1 - 2014/10/07/ N2 - Penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pembelajaran IPA melalui penerapan kartu bergambar. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus, setiap siklusnya terdiri atas 2 kali pertemuan. Data yang diukur adalah aktivitas: bertanya kepada teman, menjawab pertanyaan, kerjasama kelompok, memperhatikan pelajaran, dan mengeluarkan pendapat. Hasil belajar diperoleh dari tes awal sebelum dilaksanakannya tindakan dan tes akhir pada setiap siklus. Data dianalisis dengan cara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata aktivitas belajar dari siklus ke siklus mengalami peningkatan, hasil aktivitas belajar siswa paling tinggi pada siklus III sebesar 99 % yaitu pada indikator memperhatikan pelajaran atau penjelasan dari guru. Sedangkan yang terendah pada siklus I sebesar 20% yaitu pada indikator keberanian siswa untuk bertanya. Kemudian nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64, siswa tuntas sebanyak 12 siswa ( 35%), pada siklus II nilai rata-rata sebesar 74 siswa tuntas sebanyak 16 siswa ( 50% ), dan pada siklus III nilai rata-rata sebesar 90, siswa tuntas sebanyak 30 siswa ( 98% ). Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu bergambar dapat meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII.1 semester ganjil tahun pelajaran 2013-2014 pada materi klasifikasi hewan. Kata Kunci : Kartu Bergambar, Aktivitas, Hasil belajar. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI HEWAN (PTK Pembelajaran Biologi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pasir Sakti ) AV - restricted ER -