TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints385 UR - http://digilib.unila.ac.id/385/ A1 - Sriyanto (Alm), RIA KRISTIANINGSIH Y1 - 2013/03/04/ N2 - Berdasarkan observasi pada mata pelajaran PKn kelas IV di SD Kristen 1 Metro Pusat, terdapat beberapa permasalahan, antara lain rendahnya aktivitas belajar siswa, rendahnya hasil belajar siswa yang mendapat nilai di bawah KKM yaitu sebesar 70, guru masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensional, dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation. Penelitian ini dilaksanakan di SD Kristen 1 Metro Pusat kelas IV semester ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 26 orang. Prosedur penelitian yang akan dilaksanakan terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan tes hasil belajar, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata nilai aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu 63,3 pada siklus 1 yang meningkat menjadi 71,2 pada siklus II, Rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 64,6 pada siklus 1 yang meningkat menjadi 74,6 pada siklus II. Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Cooperative Learning Tipe Group Investigation PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IV SD KRISTEN 1 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2013-2014 AV - restricted ER -