%A 0713052014 Agus Purwanto %T PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KEPATUHAN SISWA TERHADAP TATA TERTIB SEKOLAH PADA SMA NEGERI 1 SEPUTIH AGUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %X Masalah penelitian adalah sikap kepatuhan siswa terhadap tata tertib sekolah. Permasalahannya adalah ?apakah penggunaan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan sikap kepatuhan siswa terhadap tata tertib sekolah. Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil penggunaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan sikap kepatuhan siswa terhadap tata tertib sekolah. Metode penelitian adalah metode kuasi eksperimen desain One-Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian sebanyak 10 orang dengan sikap kepatuhan siswa terhadap tata tertib sekolah rendah atau sedang. Teknik pengumpulan data menggunakan skala sikap kepatuhan siswa terhadap tata tertib sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan ke lompok dapat meningkatkan sikap kepatuhan siswa terhadap tata tertib sekolah. Hal ini terbukti dari hasil analisis data pretest dan post test thitung = 14,92 > ttabel 0,05 =1,833. Maka Ha diterima, artinya layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan sikap kepatuhan siswa terhadap tata tertib sekolah. Kesimpulannya penggunaan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan sikap kepatuhan siswa terhadap tata tertib sekolah pada SMA Negeri 1 Seputih Agung tahun pelajaran 2013/2014. Saran yang dapat diberikan adalah (1)Kepada siswa SMA Negeri 1 Seputih Agung yang memiliki tingkat sikap kepatuhan siswa terhadap tata tertib sekolah yang rendah atau sedang hendaknya meminta kepada guru bimbingan dan konseling untuk melaksanakan layanan bimbingan kelompok, (2) Kepada Guru Bimbingan dan Konseling hendaknya dapat memaksimalkan pemberian layanan bimbingan kelompok misalnya melalui peer group atau dengan adanya jam khusus guru bimbingan dan konseling di kelas, sehingga siswa secara maksimal dapat memahami tentang sikap kepatuhan siswa terhadap tata tertib sekolah,(3)Kepada peneliti lain hendaknya meneliti tentang pengaruh kehidupan sosial ekonomi siswa terhadap sikap kepatuhan siswa terhadap tata tertib sekolah. %C Universitas Lampung %D 2014 %I FKIP %L eprints3861