creators_name: M.Harun, ZUBAIDAH type: other datestamp: 2014-01-11 04:20:05 lastmod: 2014-01-11 04:20:05 metadata_visibility: show title: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TEMA PERISTIWA PADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR NEGERI 2 GADINGREJO 2012/2013 ispublished: pub subjects: L1 subjects: LB subjects: LB1501 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa serta kinerja guru yang cenderung menggunakan model pembelajaran yang tidak melibatkan siswa secara aktif. Dari 26 orang, 15 orang (57,70%) tuntas dengan KKM 60. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema peristiwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur dilaksanakan melalui tiga siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari; (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar instrument aktivitas siswa, lembar instrument kinerja guru dan lembar soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada tema peristiwa berdampak pada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I (65,85%) dengan kategori “Cukup” meningkat sebesar 9,53% pada siklus II menjadi (75,38%) dengan kategori “Baik” dan terjadi peningkatan sebesar 9,70% pada siklus III menjadi (85,08%) dengan kategori “Baik sekali”. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang telah tuntas mencapai 65,38% dengan kategori “Cukup” meningkat sebesar 11,54% menjadi 76,92% pada siklus II dengan kategori “Baik” dan terjadi peningkatan sebesar 19,23% menjadi 96,15% pada siklus III dengan kategori “Baik sekali”. Kata kunci: Model kooperatif tipe jigsaw, aktivitas dan hasil belajar. date: 2013-12-23 date_type: published publisher: Fakultas KIP place_of_pub: Universitas Lampung citation: M.Harun, ZUBAIDAH (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TEMA PERISTIWA PADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR NEGERI 2 GADINGREJO 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/387/1/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/387/2/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/387/3/PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/387/4/PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/387/5/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/387/6/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/387/7/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/387/8/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/387/9/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/387/10/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/387/11/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/387/12/LAMPIRAN.zip