@misc{eprints3882, month = {Juli}, title = {PENERAPAN STRATEGI PAIKEM PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV C SD NEGERI 1 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014}, author = {1013053048 DIAH SUSANTI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KIP}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/3882/}, abstract = {Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV C SD Negeri 1 Metro Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik melalui penerapan strategi PAIKEM di kelas IV C SD Negeri 1 Metro Pusat tahun pelajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, angket dan soal tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik non tes dan tes yang kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi PAIKEM pada pembelajaran tematik kelas IV C SD Negeri 1 Metro Pusat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan pada setiap siklusnya. Untuk nilai rata-rata keaktifan siklus I sebesar 53,10 (cukup aktif) meningkat pada siklus II 74,14 (aktif). Nilai rata-rata afektif siswa siklus I sebesar 65,51 (cukup) menjadi 74,95 (baik) pada siklus II, nilai rata-rata psikomotor siswa siklus I sebesar 54,37 (cukup) menjadi 74,16 (baik) pada siklus II. Penilaian diri siswa siklus I sebesar 72,64 (baik) menjadi 80,35 (baik+) pada siklus II, dan nilai rata-rata kognitif siswa siklus I sebesar 65,05 (cukup) menjadi 82,69 (sangat baik) pada siklus II. Kata kunci : strategi PAIKEM, aktivitas, hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor.} }