%A 1013053064 Ma?sumah %T HUBUNGAN KEGIATAN PRAMUKA DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MATHLA?UL ANWAR CINTAMULYA KECAMATAN CANDIPURO KABUPATEN LAMPUNG SELATAN %X Penelitian ini berfokus pada hubungan antara kegiatan pramuka dan disiplin belajar dengan hasil belajar IPS siswa di MI Mathla?ul Anwar Cintamulya Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kegiatan pramuka dengan hasil belajar IPS siswa, mengetahui hubungan antara disiplin belajar siswa dengan hasil belajar IPS siswa, dan untuk mengetahui hubungan antara kegiatan pramuka, disiplin belajar, dan hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kela IV dan V MI Mathla?ul Anwar Cintamulya Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan dengan jumlah siswa sebanyak 59 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian populasi, dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik analisis data kegiatan pramuka dan disiplin belajar menggunakan data rata-rata penilaian angket, sedangkan teknik analisis data hasil belajar menggunakan skor rata-rata tes pilihan ganda dan observasi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tidak ada hubungan yang positif antara kegiatan pramuka dengan hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,162, (2) ada hubungan yang positif antara disiplin belajar dengan hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,273, dan (3) tidak ada hubungan yang positif antara disiplin belajar, kegiatan pramuka dengan hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,316 dan Fhitung sebesar 3,077. Kata kunci: Kegiatan Pramuka, Disiplin Belajar, Hasil Belajar IPS. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %I FAKULTAS KIP %L eprints3894