@misc{eprints390, month = {April}, title = {LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN 1 BATANGHARJO KECAMATAN BATANGHARI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR}, author = {SUYANI .}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/390/}, abstract = {Penelitiaan ini berawal dari hasil belajar IPA siswa masih sangat rendah, dari 14 orang siswa baru 9 orang (60\%) yang mencapai KKM sedangkan 5 orang (40\%) belum mencapai.KKM . Hasil belajar rata-rata 60 masih di bawah kreteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 65. Hal ini disebabkan pembelajaran masih didominasi guru, pembelajaran belum menggunakan metode dan sumber pembelajaran yang tepat serta siswa belum berperan aktif dalam pembelajaran yang mengakibatkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN 1 Batangharjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis pendekatan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian berbentuk siklus, setiap siklus terdiri dari 4 kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa menggunakan alat pengumpulan data berupa lembar panduan observasi. Untuk mengetahui hasil belajar siswa digunakan tes dengan teknik analisis statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sebagai sumber belajar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN 1 Batangharjo Kecamatan Batanghari Lampung Timur. Hasil rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I (enam puluh empat koma dua puluh delapan persen) dan siklus II (tujuh puluh sembilan koma empat puluh tiga persen) peningkatannya mencapai delapan belas koma lima belas persen. Berdasarkan data hasil belajar siswa pada siklus I enam puluh lima koma nol menjadi tujuh puluh tiga koma delapan puluh lima pada siklus II atau meningkat delapan koma delapan puluh lima. Kata kunci: Media lingkungan, sumber belajar, aktivitas, dan hasil belajar} }