@misc{eprints3907, month = {Juni}, title = {PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IVA SD NEGERI 05 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014}, author = {1013053079 RIMBAWATI HESTI HARDIYANTO}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KIP}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/3907/}, abstract = {Penelitian dilatarbelakangi dari hasil observasi pembelajaran tematik di kelas IVA SD Negeri 05 Metro Timur, yang menunjukkan bahwa pembelajaran tematik belum dilaksanakan secara optimal, dan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 32,14\%. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan kontekstual. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data penelitian adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase siswa yang aktif pada siklus I sebesar 53,6\% dan pada siklus II sebesar 89,3\%. Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif siklus I sebesar 57,14\% dan pada siklus II sebesar 82,14\%. Persentase siswa dengan kategori ?Baik? pada hasil belajar afektif siklus I sebesar 57,14\% dan siklus II sebesar 75,00\%. Persentase ketuntasan hasil belajar psikomotor pada siklus I sebesar 35,71\% dan pada siklus II sebesar 75,00\%. Penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor siswa. Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, pendekatan kontekstual.} }