TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints3909 UR - http://digilib.unila.ac.id/3909/ A1 - Eni Setianingsih, 1013053009 Y1 - 2014/06/19/ N2 - Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya disiplin dan hasil belajar siswa kelas I A SD Negeri I Metro Utara Tahun Pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian untuk meningkatkan disiplin dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu dengan menerapkan model cooperative learning tipe make a match. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe make a match pada pembelajaran tematik terpadu kelas I A SD Negeri I Metro Utara Tahun Pelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan disiplin dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai disiplin siswa pada siklus I (67,10) persentase siswa mendapat nilai ? 66 sebesar 64,51% (20 siswa), siklus II (74,68) meningkat sebesar 7,58 persentase siswa mendapat nilai ? 66 sebesar 74,19% (23 siswa), dan siklus III (82,58) meningkat sebesar 7,9 persentase siswa mendapat nilai ? 66 sebesar 80,65% (25 siswa). Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I (66,76) persentase siswa mendapat nilai ? 66 sebesar 61,29% (19 siswa), siklus II (72,86) meningkat sebesar 6,1 persentase siswa mendapat nilai ? 66 sebesar 70,97% (22 siswa), dan siklus III (80,81) meningkat sebesar 7,95 siswa mendapat nilai ? 66 sebesar 80,65% (25 siswa). Kata kunci : cooperative learning tipe make a match, disiplin, hasil belajar. PB - FAKULTAS KIP TI - PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS I A SD NEGERI I METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 AV - restricted ER -