TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints3936 UR - http://digilib.unila.ac.id/3936/ A1 - Elia Rahmah, 0853023015 Y1 - 2014/10/09/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model PLGI dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan menyimpulkan pada materi pokok larutan elektrolit non-elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Tanjung Karang Bandar Lampung Tahun Ajaran 2013-2014. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas X3 dan X8. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Efektivitas pembelajaran PLGI diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan meng-komunikasikan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,40 dan 0,57 dan rata-rata n-Gain keterampilan menyimpulkan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,70 dan 0,79. Hal ini menunjukkan bahwa model Elia Rahmah PLGI efektif dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan menyimpulkan pada materi larutan elektrolit non-elektrolit. Kata kunci: model PLGI, elektrolit non-elektrolit, keterampilan mengkomunikasikan, keterampilan menyimpulkan. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS MODEL PLGI PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT NON-ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN MENYIMPULKAN AV - restricted ER -