%0 Generic %9 Other %A Devy Larasati Sukoco, 1013053045 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:3956 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA GRAFIS PADA KELAS IVA SDN 6 METRO PUSAT %U http://digilib.unila.ac.id/3956/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pembelajaran tematik siswa kelas IVA SD Negeri 6 Metro Pusat Kota Metro yang diketahui dari hasil observasi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IVA SD Negeri 6 Metro Pusat Kota Metro pada mata pelajaran tematik melalui penerapan model problem based learning dengan media grafis. Metode penelitian yang digunakan adalah Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Data kualitatif dianalisis dengan teknik analisis kualitatif, sedangkan data tes dianalisis dengan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dengan media grafis dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IVA SD Negeri 6 Metro Pusat. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 54,24 dengan kategori cukup (C-) kemudian meningkat sebesar 22,85 menjadi 77,09 dengan kategori Baik (B+) pada siklus II. Rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus I yaitu 64,48 dengan kategori cukup (C+) meningkat sebesar 10,83 menjadi 75,31 dengan kategori baik (B) pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar kognitif pada siklus I yaitu 55,17%, meningkat sebesar 27,59% menjadi 82,76% di siklus II. Rata-rata hasil belajar afektif siswa pada siklus I 57,53 dengan kategori cukup (C) meningkat sebesar 19,91 menjadi 77,44 dengan kategori baik (B+) pada siklus II. Dengan demikian proses pembelajaran menggunakan model problem based learning dengan media grafis dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Problem Based Learning, Media grafis, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil.