%A 1013024059 Rosiana Aisyiyah %J TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI %T KONTRIBUSI ANGGOTA TIM AHLI DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI(Kajian Deskriptif pada Siswa Kelas XI IPA I SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014) %X ABSTRAK KONTRIBUSI TIM AHLI DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI Oleh Rosiana Aisyiyah Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw merupakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar. Keberhasilan ini tentu ditunjang dari kontribusi setiap komponen- dalam model pembelajaran Jigsaw. Dalam pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw tim ahli merupakan komponen yang sangat penting. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan kontribusi anggota tim ahli terhadap hasil belajar tim asal dan mengetahui hubungan kontribusi anggota tim ahli terhadap hasil belajarnya. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling sehingga siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Bandar Lampung sebagai subjek penelitian. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif, data kualitatif berupa deskripsi aktivitas ahli di tim asal sedangkan data kuantitatif diperoleh dari pre-test, post-test dan nilai aktivitas siswa saat berada di tim asal. Data yang telah diperoleh diuji statistik menggunakan uji korelasi Person (Prodauct Moment). Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan antara kontribusi anggota tim ahli terhadap hasil belajar anggota tim asal. Hasil tersebut berdasarkan uji korelasi antara kontribusi anggota tim ahli dengan hasil belajar tim asal sebesar -0,13. Tidak adanya hubungan antara kontribusi anggota tim ahli terhadap hasil belajar anggota tim asal diduga disebabkan oleh ketidaklengkapan materi yang diperoleh anggota tim ahli dengan materi yang disampaikan anggota tim ahli kepada tim asal dan terdapat materi-materi yang sulit sehingga tidak dapat diterapkan di kelas dengan menggunkan model pembelajaran Jigsaw. Hasil penelitian ini juga menunjukkan terdapat hubungan antara kontribusi anggota tim ahli terhadap hasil belajarnya. Hasil tersebut berdasarkan hasil uji korelasi antara kontribusi anggota tim ahli terhadap hasil belajarnya sebesar 0,402. Hasil tersebut menunjukkan terdapat hubungan yang sedang antara kontribusi anggota tim ahli terhadap hasil belajarnya. Kata Kunci : hasil belajar, Jigsaw, kontribusi, tim ahli, tim asal %D 2014 %C Universitas Lampung %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints3963