@misc{eprints3964, month = {Juli}, title = {PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV A SD NEGERI 6 METRO PUSAT}, author = {1013053112 INDAH FITRIANI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {Fakultas KIP}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/3964/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa yang diketahui dari hasil observasi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) kelas IV A SD Negeri 6 Metro Pusat Kota Metro. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk data motivasi belajar, data afektif, dan data psikomotor dan lembar tes untuk data hasil belajar. Data motivasi belajar, belajar, data afektif, dan data psikomotor dianalisis dengan teknik analisis kualitatif, sedangkat data hasil belajar dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata motivasi belajar siswa siklus I (55,6) kategori ?cukup? meningkat pada siklus II (77,38) kategori ?baik?. Persentase ketuntasan hasil belajar afektif siswa siklus I (58,62\%) meningkat menjadi (86,21\%) pada siklus II, hasil belajar psikomotor siklus I (62,07\%) meningkat menjadi (86,21\%) pada siklus II, dan hasil belajar kognitif siswa pada siklus I (55,17\%) meningkat menjadi (75,86\%) pada siklus II. Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), Motivasi, Hasil Belajar.} }