TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints3969 UR - http://digilib.unila.ac.id/3969/ A1 - DWI FITRIANI, 1013053049 Y1 - 2014/06/18/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I B SD Negeri 7 Metro Pusat tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode problem solving dengan media grafis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan tahap: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa: instrumen aktivitas belajar siswa, sikap dan keterampilan siswa, instrumen penilaian kinerja guru dan test. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode pembelajaran problem solving dengan media grafis dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I (70%) dan siklus II (81,04%). Sementara itu rata-rata hasil belajar siswa pada aspek sikap pada siklus I (63,37) dan siklus II (76,66), untuk ketuntasan klasikal sikap pada siklus I (66,67%) dan siklus II (83,33%). Selain itu, rata-rata keterampilan siswa pada siklus I (69,01) dan siklus II (79,98), untuk ketuntasan klasikal keterampilan siklus I (70,83%) dan siklus II (79,17%). Rata-rata hasil belajar kognitif siklus I (71,78) dan siklus II (80,57), ketuntasan klasikal kognitif siklus I (62,5%) dan siklus II (83,33%). Kata kunci : aktivitas belajar, media grafis, metode problem solving, hasil belajar. PB - Fakultas KIP TI - PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA GRAFIS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I B SD NEGERI 7 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014 AV - restricted ER -