%0 Thesis %9 Masters %A JUMITRI , 0923011034 %B FKIP %D 2014 %F eprints:3983 %I Universitas Lampung %T PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 1 TALANGPADANG %U http://digilib.unila.ac.id/3983/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendesain perencanaan pembelajaran, (2) menganalisis pelaksanaan pembelajaran, (3) menganalisis sistem evaluasi pem-belajaran, dan (4) menganalisis peningkatan prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IX.6 dan IX.7. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Siklus pertama dengan diskusi kelompok ahli, diskusi kelompok asal, pameran hasil diskusi. Siklus kedua dengan kegiatan tanya jawab hasil diskusi kelompok asal, pemberian tanda penghargaan kelompok asal terbaik, dan pemberian kisi-kisi soal tes tertulis. Siklus ketiga sama dengan siklus kedua. Hasil penelitian ini adalah: (1) desain RPP dengan sintaks: apersepsi dan motivasi, pembentukan kelompok asal dan kelompok ahli, penjelasan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, diskusi kelompok asal dan kelompok ahli, tanya jawab hasil diskusi kelompok asal, membuat kesimpulan, penghargaan kelompok asal. (2) pelaksanaan pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. (3) sistem evaluasi pembelajaran menggunakan 10 soal essay dengan validitas dan reliabilitas tinggi dan (4) prestasi belajar kelas IX.6 dan IX.7 mengalami peningkatan jumlah siswa tuntas dari siklus satu ke siklus dua sebesar 15,6% dan 14,29%. Sedangkan dari siklus kedua ke siklus tiga sebesar 9,38 % dan 7,15 %. Kata Kunci: fisika, pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, prestasi belajar The aims of research are to: (1) design lesson plan, (2) analyze learning implementation, (3) analyze learning evaluation systems, and (4) analyze students’ achievement through jigsaw type in cooperative model learning. The type of research is Classroom Action Research which is done by IX.6 and IX.7. This research consists of three cycles. First cycle, it was discussed by experts groups, pretest group discussion, result discussion. Second cycles it was discussed answer questions activity in pretest group, giving reward toward best of pretest group, and giving essay test prediction. In third cycles was same with second cycles. The result of research are: (1) lesson plan design by syntax: apperception and motivation, pretest grouping and expert group, explaining jigsaw type in cooperative learning model, pretest group discussion and expert group, doing answer questions result discussion of cooperative learning model, making conclusion, giving reward to pretest group. (2) learning implementation can increase student and teacher activity. (3) learning evaluation systems used 10 essay test by high validity and reliability and (4) achievement of class IX.6 and IX.7 increase students’ standard completeness form first cycle to second cycle was 15,6% and 14,29%, from second cycle to third cycle was 9,38% and 7,15%. Keywords: achievement, jigsaw types cooperative learning, physics