%0 Thesis %9 Masters %A ROHYANI, 1223011063 %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendididkan %D 2014 %F eprints:3986 %I Universitas Lampung %T EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BRANTI RAYA KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN %U http://digilib.unila.ac.id/3986/ %X Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) komponen konteks: latar belakang dan tujuan program pembelajaran tematik; (2) komponen input: kualifikasi dan kompetensi guru serta sarana dan prasarana pembelajaran; (3) komponen proses: perencanaan dan pelaksanaan program pembelajaran tematik; dan (4) komponen produk: aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian bertujuan menganalisis pelaksanaan program pembelajaran tematik di SD Negeri 2 Branti Raya Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian menggunakan metode penelitian model CIPP (Context, Input, Process, Product). Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru dan seluruh siswa kelas III. Data dikumpulkan menggunakan berbagai instrumen penelitian dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Penelitian evaluasi konteks menunjukkan adanya relevansi dan hubungan yang kuat antara latar belakang pelaksanaan program pembelajaran tematik dengan tujuan program berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Hasil input diketahui bahwa guru telah memenuhi kualifikasi akademik namun belum memenuhi kompetensi guru sesuai dengan harapan berdasarkan Permendiknas No. 16 Tahun 2007 dan BNSP Tahun 2008 Kerangka Indikator untuk Pelaporan Pencapaian Standar Nasional Pendidikan: Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Sarana dan prasarana juga tidak memenuhi kriteria yang diharapkan. Hasil proses menunjukkan bahwa perencanaan dan pelaksanaan program pembelajaran tematik tidak maksimal dan masih perlu ditingkatkan lagi dan hal ini sejalan dengan hasil produk berupa aktivitas dan hasil belajar yang belum mencapai tujuan pembelajaran. Kata Kunci: program pembelajaran tematik, evaluasi, CIPP