%0 Generic %9 Other %A Aditya Ardhi Rizal, 0913052012 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:3991 %I FKIP %T MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MENGGUNAKAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING PADA SISWA KELAS VII MTS NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2012/2013 %U http://digilib.unila.ac.id/3991/ %X Tujuan penelitian untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa menggunakan teknik assertive training. Masalah dalam penelitian ini adalah komunikasi interpersonal pada diri siswa rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “apakah kemampuan komunikasi interpersonal dapat ditingkatkan dengan menggunakan teknik Assertive Training pada siswa kelas VII di MTs Negeri 2 Bandarlampung tahun pelajaran 2012/2013?” Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi terstruktur. Subjek sebanyak 15 siswa kelas VII yang memiliki komunikasi interpersonal rendah. Hasil yang diperoleh adanya peningkatan komunikasi interpersonal siswa setelah mengikuti assertive training, hal ini ditunjukkan dari analisis data menggunakan teknik analisis data Wilcoxon, dari hasil pretest posttest diperoleh Zhitung > Ztabel adalah 6 > 12, artinya terjadi peningkatan komunikasi interpersonal siswa setelah mengikuti assertive training. Kesimpulannya adalah terdapat peningkatan komunikasi interpersonal setelah mengikuti assertive training pada siswa kelas VII MTs Negeri 2 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2012/2013. Saran kepada (1) siswa yang memiliki komunikasi interpersonal rendah, hendaknya mengikuti assertive training untuk meningkatkan komunikasi interpersonalnya, (2) guru bimbingan dan konseling hendaknya dapat membantu siswa meningkatkan komunikasi interpersonal dengan menggunakan teknik Assertive Training. (3) para peneliti dapat melakukan penelitian mengenai masalah yang sama tetapi dengan subjek yang berbeda. Kata kunci : assertive training, bimbingan konseling, komunikasi interpersonal