%0 Generic %A MAULINDA PUTRI PRASOJO, 1013053065 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:3994 %I FAKULTAS KIP %T PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV B SD NEGERI 1 NUNGGALREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %U http://digilib.unila.ac.id/3994/ %X Berdasarkan hasil observasi di kelas IV B SD Negeri 1 Nunggalrejo, didapatkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini terlihat pada hasil belajar ujian semester ganjil, dari 23 siswa kelas IV B dengan nilai ketuntasan minimal (KKM) 66, hanya 10 siswa atau 43,48% yang tuntas dan 13 siswa lainnya atau 56,52% belum tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B dengan menerapkan pendekatan kontekstual melalui media grafis pada Pembelajaran Tematik. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas berbentuk siklus dengan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi dan tes tertulis dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, aktivitas siswa siklus I (65,21%) kategori aktif, pada siklus II menjadi (78,26%) kategori aktif. Nilai rata-rata hasil belajar secara berturut-turut yaitu kognitif siklus I (68,98) persentase (73,91%) kategori tinggi, siklus II menjadi (74,39) persentase (82,6%) kategori sangat tinggi. Afektif siklus I (69,83) persentase (78,86%) kategori membudaya, siklus II menjadi (74,46) persentase (86,95%) kategori membudaya. Psikomotor siklus I (59,78) persentase (69,56%) kategori cukup terampil, siklus II menjadi (73,93) persentase (86,95%) kategori terampil. Kata kunci: pendekatan kontekstual, media grafis, aktivitas, hasil belajar.