@misc{eprints3996, month = {Juni}, title = {PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SD NEGERI 7 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014}, author = {1013053103 AQMARINA FERIAL}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KIP}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/3996/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B pada pembelajaran tematik terpadu di SD Negeri 7 Metro Pusat. Hasil pengamatan menunjukkan pembelajaran tematik terpadu belum berjalan sesuai yang diharapkan. Pembelajaran belum disesuaikan dengan tema, siswa belum terbiasa dengan kegiatan penyelidikan dan presentasi, kurangnya pemanfaatan media grafis, dan rendahnya hasil belajar siswa yang mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Problem Based Learning dengan media grafis pada pembelajaran tematik terpadu. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbentuk siklus, tahapannya yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan soal tes yang diolah menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan, aktivitas siswa siklus I mencapai kualifikasi ?Cukup Aktif? menjadi ?Aktif? pada siklus II. Hasil belajar afektif siswa siklus I berkategori ?Cukup? menjadi ?Baik? di siklus II, kategori keterampilan siswa siklus I mencapai ?Cukup Terampil? menjadi ?Terampil? pada siklus II, dan persentase ketuntasan kognitif siswa siklus I sebesar 68\% menjadi 80\% pada siklus II. Penerapan model Problem Based Learning dengan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, problem based learning, media grafis} }