@misc{eprints40, month = {Desember}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013)}, author = {Marthina Mahmud}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas MIPA}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/40/}, abstract = {Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Desain penelitian ini adalah posttest only control design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIID dan kelas VIIE yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian berupa nilai pemahaman konsep matematis yang diperoleh melalui tes. Berdasarkan hasil uji hipotesis, pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajran kooperatif tipe jigsaw lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disim-pulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013. Kata kunci: pengaruh, model pembelajaran koopertif tipe jigsaw, pemahaman konsep matematis} }