@misc{eprints4009, month = {Juni}, title = {PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVB SD NEGERI 02 TULUNG BALAK TAHUN PELAJARAN 2013/2014}, author = {1013053076 Renny Ambar Astika}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KIP}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/4009/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas IVB SD Negeri 02 Tulung Balak Lampung Timur yang diketahui dari hasil observasi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi active learning tipe ICM. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal-soal tes, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase motivasi belajar siswa sebesar 57,89\% dengan kategori ?Kurang? pada siklus I, meningkat menjadi 73,68\% dengan kategori ?Cukup? pada siklus II, kemudian meningkat menjadi 84,21\% dengan kategori ?Baik? pada siklus III. Jumlah siswa yang memperoleh nilai hasil belajar ?66 adalah 14 siswa (73,68\%) pada siklus I dengan kategori ?Cukup?, kemudian menjadi 15 siswa (78,95\%) pada siklus II dengan kategori ?Baik?, dan meningkat menjadi 17 siswa (89,47\%) pada siklus III dengan kategori ?Sangat Baik?. Dengan demikian proses pembelajaran menggunakan strategi active learning tipe ICM dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kata kunci : active learning tipe ICM, hasil belajar, motivasi belajar.} }