TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints4013 UR - http://digilib.unila.ac.id/4013/ A1 - ELLYZAR ASFA, 1013069218 Y1 - 2014/02/18/ N2 - Berdasarkan observasi penulis pada siswa kelas II SD N 2 Perumnas Way Kandis, dengan jumlah 30 orang, diperoleh data tentang pembelajaran sebagai berikut :15 orang siswa lancar membaca.15 orang siswa belum lancar membaca. Melihat kondisi ini, peneliti berusaha untuk melaksanakan penelitian guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa terutama pada keterampilan membaca. Prosedur penelitian melalui siklus berdaur ulang. Setiap siklusnya terdiri atas (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi dan tes hasil belajar. Data hasil analisis penilaian aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa sebagai instrumen evaluasi yang telah direfleksikan dapat dilihat bahwa pada siklus aktivitas siswa pada siklus ke-1 sebanyak 60%, dan pada akhir penelitian mengalami kenaikan yaitu sebanyak 100%. Persentase hasil belajar siklus ke-1 yang belum tuntas sebanyak 40% dari 30 siswa dan siklus ke-2 sebanyak 3,4% dari 30 siswa, sedangkan persentase hasil belajar siklus ke-1 yang sudah tuntas sebanyak 60% dari 30 siswa dan siklus ke-2 sebanyak 96,4% dari 30 siswa. Dengan demikian hasil pelaksanaan tindakan siklus ke-2 telah mengalami kenaikan yang cukup signifikan pada ketrampilan membaca menggunakan media gambar. . Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, Ketrampilan Membaca dan Media Gambar PB - FAKULTAS KIP TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETRAMPILAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR KELAS II SD N 2 PERUMNAS WAY KANDIS BANDAR LAMPUNG TAHUN 2012-2013 AV - restricted ER -