%0 Generic %A ASIA REFINA, 101305003 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:4015 %I FAKULTAS KIP %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN TEMA INDAHNYA NEGERIKU MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IVA SD NEGERI TULUNGBUYUT KECAMATAN HULU SUNGKAI KABUPATEN LAMPUNG UTARA %U http://digilib.unila.ac.id/4015/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA SD Negeri Tulungbuyut khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Perbaikan pembelajaran tema indahnya negeriku melalui model cooperative learning tipe make a match, dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA. Peneliti menggunakan PTK yang terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan evaluasi (kognitif). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa siklus 1 sebesar 62,50% dengan kategori “aktif” dan siklus 2 sebesar 81,25% dengan kategori “sangat aktif”, terjadi peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 18,75%, sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dibuktikan dengan persentase siswa yang tuntas pada siklus 1 sebesar 66,67% (16 orang siswa) dengan kategori “tinggi” dan siklus 2 sebesar 83,33% (20 orang siswa) dengan kategori “sangat tinggi”, dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 16,66%. Saran dalam penelitian ini ditujukan bagi siswa, guru, sekolah, dan bagi peneliti lain untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, cooperative learning tipe make a match