%0 Generic %9 Masters %A Fariza Marga Sari, 1223012010 %D 2014 %F eprints:4016 %T IMPLEMENTATION TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP STYLE OF PRINCIPAL IN THE FORMATION OF TESCHER CHARACTER (CASE STUDIES IN MTSN KOTAAGUNG TANGGAMUS) IMPLEMENTASI GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM PEMBENTUKAN GURU BERKARAKTER (Studi Kasus di MTsN Kotaagung Kabupaten Tanggamus) %U http://digilib.unila.ac.id/4016/ %X The study aims to describe and analyze remedy implementation of transformational leadership style head MTsN Kotaagung, teacher character formation, which made efforts Kotaagung MTsN head teacher in the formation of character, obstacles in the formation of character in MTsN Kotaagung teacher. This research is used qualitative case study design. The data in this study were obtained from the informant research, namely supervisors madrasas, principal, head of business planning, vice principal, teacher councils, and committees. The results showed that : 1) the leadership anad attitude shown, 2) the establishment of teacher character in MTsN Kotaagung because of personal awareness to improve the quality of self, 3) efforts made head MTsN Kotaagung by example and behavior thus forming a school cultural virtue madrasas, 4) barriers that occur for suggestions and infrastructure are not maximized. Keywords: a transformational leadership style, principal, teachers’ character. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi gaya kepemimpinan transformasional kepala MTsN Kotaagung, pembentukan guru berkarakter di MTsN Kotaagung, upaya-upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam pembentukan guru berkarakter serta hambatan dalam pembentukan guru berkarakter di MTsN Kotaagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Data dalam penelitian ini diperoleh dari informan penelitian, yaitu pengawas sekolah, kepala sekolah, kepala tata urusan, dewan guru, dan komite. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kepemimpinan dan sikap yang ditunjukkan kepala madrasah dalam memimpin dapat membantu pembentukkan guru berkarakter 2) pembentukan guru berkarakter di MTsN Kotaagung karena kesadaran diri dengan meningkatkan kualitas diri, 3) upaya yang dilakukakan kepala MTsN Kotaagung dengan memberi contoh prilaku dan kebajikan sehingga membentuk budaya madrasah 4) Hambatan yang terjadi karena saran dan prasarana yang belum maksimal. Kata kunci: gaya kepemimpinan transformasional, kepala madrasah, guru berkarakter.