@misc{eprints4018, month = {Juni}, title = {PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TPS UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B DI SDN 11 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014}, author = {1013053107 DITA ERWIDIYA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KIP}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/4018/}, abstract = {Observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti menunjukan bahwa masih rendahnya sikap kerjasama siswa karena guru belum optimal menggunakan model pembelajaran yang bervariasi yang dapat melibatkan siswa secara aktif di dalam kegiatan pembelajaran. Hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang belum memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa melalui model Cooperative Learning tipe TPS siswa kelas IV B di SDN 11 Metro Pusat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik non tes dengan menggunakan lembar observasi dan soal tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe TPS dapat meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan sikap kerjasama siswa pada siklus I berada pada kategori ?cukup? dan pada siklus II meningkat menjadi kategori ?baik?. Presentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 70,83\% meningkat 12,5\% menjadi 83,33\% pada akhir siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Learning tipe TPS dapat digunakan guru sekolah dasar sebagai model pembelajaran untuk meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa. Kata kunci: cooperative learning, hasil belajar, kerjasama, TPS.} }