?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENERAPAN+MODEL+COOPERATIVE+LEARNING+TIPE+TPS+UNTUK+MENINGKATKAN+SIKAP+KERJASAMA+DAN+HASIL+BELAJAR%0D%0ASISWA+KELAS+IV+B+DI+SDN+11+METRO+PUSAT%0D%0ATAHUN+PELAJARAN+2013%2F2014&rft.creator=DITA+ERWIDIYA%2C+1013053107&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.description=Observasi+dan+wawancara+yang+dilakukan+peneliti+menunjukan+bahwa+masih+rendahnya+sikap+kerjasama+siswa+karena+guru+belum+optimal+menggunakan+model+pembelajaran+yang+bervariasi+yang+dapat+melibatkan+siswa+secara+aktif+di+dalam+kegiatan+pembelajaran.+Hal+tersebut+berpengaruh+terhadap+hasil+belajar+siswa+yang+belum+memuaskan.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+meningkatkan+sikap+kerjasama+dan+hasil+belajar+siswa+melalui+model+Cooperative+Learning+tipe+TPS+siswa+kelas+IV+B+di+SDN+11+Metro+Pusat.%0D%0APenelitian+ini+adalah+penelitian+tindakan+kelas+(PTK)+yang+dilaksanakan+dalam+2+siklus.+Masing-masing+siklus+terdiri+dari+tahap+perencanaan%2C+pelaksanaan%2C+pengamatan%2C+dan+refleksi.+Pengumpulan+data+diperoleh+melalui+teknik+non+tes+dengan+menggunakan+lembar+observasi+dan+soal+tes+untuk+mengetahui+hasil+belajar+siswa.+Data+dianalisis+menggunakan+teknik+analisis+kualitatif+dan+kuantitatif.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+penerapan+model+Cooperative+Learning+tipe+TPS+dapat+meningkatkan+sikap+kerjasama+dan+hasil+belajar+siswa.+Hal+ini+dapat+dilihat+dari+peningkatan+sikap+kerjasama+siswa+pada+siklus+I+berada+pada+kategori+%E2%80%9Ccukup%E2%80%9D+dan+pada+siklus+II+meningkat+menjadi+kategori+%E2%80%9Cbaik%E2%80%9D.+Presentase+ketuntasan+belajar+siswa+pada+siklus+I+mencapai+70%2C83%25+meningkat+12%2C5%25+menjadi+83%2C33%25+pada+akhir+siklus+II.%0D%0AJadi+dapat+disimpulkan+bahwa+model+Cooperative+Learning+tipe+TPS+dapat+digunakan+guru+sekolah+dasar+sebagai+model+pembelajaran+untuk+meningkatkan+sikap+kerjasama+dan+hasil+belajar+siswa.%0D%0AKata+kunci%3A+cooperative+learning%2C+hasil+belajar%2C+kerjasama%2C+TPS.&rft.publisher=FAKULTAS+KIP&rft.date=2014-06-25&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4018%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4018%2F2%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4018%2F3%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4018%2F4%2FHALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4018%2F5%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4018%2F6%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4018%2F7%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4018%2F8%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4018%2F9%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4018%2F10%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4018%2F11%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4018%2F12%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4018%2F13%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4018%2F14%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4018%2F15%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4018%2F16%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4018%2F17%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4018%2F18%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++DITA+ERWIDIYA%2C+1013053107++(2014)+PENERAPAN+MODEL+COOPERATIVE+LEARNING+TIPE+TPS+UNTUK+MENINGKATKAN+SIKAP+KERJASAMA+DAN+HASIL+BELAJAR+SISWA+KELAS+IV+B+DI+SDN+11+METRO+PUSAT+TAHUN+PELAJARAN+2013%2F2014.++FAKULTAS+KIP%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4018%2F