@misc{eprints4025, month = {Juni}, title = {PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERMUATAN KARAKTER SIAP SIAGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MITIGASI DAN SIKAP SOSIAL DI WILAYAH RAWAN BENCANA ALAM TSUNAMI PADA SISWA KELAS IIIA SDN 5 PESISIR TENGAH KABUPATEN PESISIR BARAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014}, author = {1013053062 KHUSNAINI AZIZAH Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya kete}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KIP}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/4025/}, abstract = {Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan mitigasi dan sikap sosial siswa kelas IIIA SDN 5 Pesisir Tengah yang berada di wilayah rawan bencana alam tsunami. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mitigasi tsunami dan sikap sosial siswa melalui penerapan pendekatan scientific bermuatan karakter siap siaga pada pembelajaran tematik. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan scientific bermuatan karakter siap siaga dapat meningkakan keterampilan mitigasi dan sikap sosial. Rata-rata nilai keterampilan mitigasi pada siklus I 62,84 (cukup baik), siklus II 71,51 (baik), dan siklus III 81,29 (sangat baik). Dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 8,67 dan dari siklus II ke siklus III sebesar 9,78. Begitu pula dengan sikap sosial siswa pada siklus I 71,26 (baik), siklus II 79,30 (baik), dan siklus III 86,05 (sangat baik). Dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 8,04 dan dari siklus II ke siklus III 6,75. Kata kunci: mitigasi, pendekatan scientific, siap siaga, sikap sosial, tsunami} }