%A 1013041071 Z. Soraya Ayu Purnama Sari %T PENGGUNAAN KONJUNGTOR PADA KUMPULAN CERPEN MILANA KARYA BERNARD BATUBARA DAN PEMBELAJARANNYA DI SMP %X Masalah penelitian ini adalah penggunaan konjungtor pada kumpulan cerpen Milana karya Bernard Batubara dan pembelajarannya di SMP. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan konjungtor dalam cerpen tersebut dan pembelajarannya di SMP. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini berupa kumpulan cerpen Milana karya Bernard Batubara yang berjumlah lima cerpen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, penggunaan konjungtor koordinatif yang ditemukan adalah (a) penanda hubungan penambahan dan, (b) penanda hubungan pendampingan serta, (c) penanda hubungan pemilihan atau, (d) penanda hubungan perlawanan tetapi. Penggunaan konjungtor subordinatif yang ditemukan yaitu, (a) penanda hubungan waktu sejak, semenjak, sedari, ketika, seraya, selama, sambil, setelah, sebelum, hingga, dan sampai, (b) penanda hubungan syarat jika, kalau, asal(kan), dan bila, (c) penanda hubungan tujuan agar dan supaya, (d) penanda hubungan konsesif meski(pun) dan walau(pun), (e) penanda hubungan pembandingan seakan-akan, seolah-olah, seperti, sebagai, dan ibarat, (f) penanda hubungan sebab sebab dan karena, (g) penanda hubungan hasil sehingga dan maka(nya), (h) penanda hubungan alat dengan dan tanpa, (i) penanda hubungan cara dengan dan tanpa, (j) penanda hubungan komplementasi bahwa, (k) penanda hubungan atribut yang, (l) penanda hubungan perbandingan lebih?daripada. Penggunaan konjungtor korelatif yang ditemukan yaitu, baik?maupun. Penggunaan konjungtor antarkalimat yang ditemukan yaitu, (a) penanda hubungan pertentangan namun, (b) penanda hubungan kelanjutan dalam kemudian, (c) penanda hubungan sebenarnya sesungguhnya dan bahwasanya, (d) penanda hubungan penguatan malah(an) dan bahkan, (e) penanda hubungan eksklusif-inklusif kecuali itu, (f)penanda hubungan akibat oleh karena itu dan oleh sebab itu. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan sebagai bahan ajar. Materi yang bisa dikaitkan dengan penelitian ini terdapat dalam KI 4 (Kompetensi Inti 4), yakni mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori serta KD 4.2 (Kompetensi Dasar 4.2) yakni menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan. Cerpen digunakan sebagai media dalam membelajarkan konjungtor yang berfungsi untuk merangkaika gagasan-gagasan pembentuk isi cerpen. Konjungtor dibelajarkan melalui fitur bahasa yang menjadi salah satu karakteristik dari cerpen tertentu. %C Universitas Lampung %D 2014 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints4035