%A 1013109167 Tutik Widiyastuti %T PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNINGTIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAMPEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 KUTOARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %X Berdasarkan penilaian yang dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 1 Kutoarjo, bahwa pembelajaran Matematika di kelas IV masih rendah, yakni peserta didik yang mendapat nilai 65 atau lebih hanya 30,77 persen (8 orang) sisanya 69,23 persen (20 orang) di bawah KKM.Hal ini disebabkan karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan jarang atau tidak pernah menggunakan pembelajaran secara kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe numbered model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi selama tindakan dan dokumen hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian tindakan menunjukkan bahwa, rata-rata hasil belajar siswa siklus I mencapai 54,73 persen kategori aktif dan mengalami peningkatan sebesar 21,58 persen, pada siklus II menjadi 76,31 persen kategori sangat aktif. Sedangkah hasil belajar siswa yang mencapai KKM juga mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari hasil yang diperoleh peserta didik pada siklus I mencapai 30,95 persen, dan pada siklus II meningkat tajam menjadi 88,69 persen, dengan peningkatan sebesar 57,74 persen. Kata Kunci: Aktivitas,HasilBelajar, Model PembelajaranNHT %C Universitas Lampung %D 2014 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints4054