%0 Generic %A ARINTA WINSI, 1013024002 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:4077 %I Fakultas Mipa %T PROFIL KEMAMPUAN MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI DALAM MEMBUAT LKS IPA JENJANG SMP %U http://digilib.unila.ac.id/4077/ %X Mengacu pada kompetensi pedagogik dan profesional yang harus dimiliki guru IPA, maka seorang calon guru yang sedang menempuh pendidikan pre-service harus memiliki kemampuan menyusun bahan ajar, salah satunya LKS. Mahasiswa harus mampu membuat LKS yang mencerminkan proses pembelajaran IPA yang ditandai dengan terpenuhinya unsur-unsur pembelajaran dalam IPA. Mahasiswa sebagai calon guru harus mampu membuat LKS IPA yang sesuai dengan kaidah penyusunan ditinjau dari aspek format yang meliputi susunan, keterbacaan, dan kemenarikan serta aspek isi yang meliputi kesesuaian LKS dengan KD, kesesuaian dengan RPP dan muatan KPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kemampuan mahasiswa Pendidikan Biologi dalam menyusun LKS IPA jenjang SMP. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif sederhana. Metode sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling sehingga sebanyak 19 orang mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Lampung peserta PPL tahun 2013 di SMP yang membuat LKS diambil sebagai subjek penelitian. Data Arinta Winsi penelitian berupa data kualitatif hasil konversi skor penilaian yang diperoleh berdasarkan penilaian LKS dari segi format dan isi menggunakan panduan penilaian penyusunan LKS, angket, dan uji kompetensi. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif dengan penskoran dan persentase. Hasil analisis data menunjukan bahwa mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Lampung memiliki kemampuan yang baik dalam membuat LKS IPA. Ditinjau dari segi format telah berkategori baik (79.91), dengan rincian berkategori cukup pada sub-aspek susunan (60.09), serta berkategori sangat baik pada sub-aspek keterbacaan dan kemenarikan (93.68 dan 85.97). Ditinjau dari aspek isi kemampuan yang dimiliki mahasiswa juga berkategori baik (62.93), dengan rincian berkategori baik (71.93) dalam menyusun kegiatan LKS yang sesuai dengan KD dan RPP, akan tetapi berkategori cukup dalam menyusun muatan KPS dasar maupun lanjut (42.10 dan 53.50). Sedangkan untuk pemahaman mengenai LKS IPA berkategori cukup, baik untuk aspek format maupun isi (59.17 dan 60). Kata kunci : kemampuan, mahasiswa Pendidikan Biologi, LKS IPA