@misc{eprints4079, month = {Juli}, title = {KONTRIBUSI ANGGOTA TIM AHLI DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI (Kajian Deskriptif pada Siswa Kelas XI IPA2 Semester Genap SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014)}, author = {1013024003 CRIS AYU SETYANINGSIH}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Mipa}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/4079/}, abstract = {Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang paling banyak digunakan di sekolah oleh guru, dikarenakan model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun faktor yang diduga menentukan keefektivan model pembelajaran ini dalam meningkatkan hasil belajar siswa adalah adanya kontribusi dari anggota tim ahli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontribusi anggota tim ahli dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan kajian deskriptif dengan desain deskriptif korelasional. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA2 yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretes dan postes, sedangkan data kualitatif berupa deskripsi kontribusi anggota tim ahli di tim asal. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji korelasi sederhana yang terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji linearitas melalui program SPSS 17. Cris Ayu Setyaningsih iii Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kontribusi anggota tim ahli di tim asal pada kelas XI IPA2 SMA N 5 Bandar Lampung tergolong sedang (62,3\%). Sementara itu, berdasarkan perbandingan N-gain diketahui bahwa rata-rata hasil belajar anggota tim asal tergolong rendah (19,79\%) dan rata-rata hasil belajar anggota tim ahli tergolong sedang (47,78\%). Selain itu, hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kontribusi anggota tim ahli dengan hasil belajar anggota tim asal maupun dengan hasil belajar anggota tim ahli itu sendiri, yaitu terdapat hubungan yang sedang antara kontribusi anggota tim ahli dengan hasil belajar anggota tim asal (koefisien korelasi = 0,497) dan terdapat hubungan yang kuat antara aktivitas anggota tim ahli dengan hasil belajarnya (koefisien korelasi = 0,644). Nilai koefisien korelasi dari kedua variabel yang diuji bernilai positif, artinya terdapat hubungan yang positif antara kontribusi anggota tim ahli dengan hasil belajar siswa. Dengan demikian semakin tinggi kontribusi anggota tim ahli dalam pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, maka semakin tinggi pula hasil belajar yang diperoleh siswa. Kata kunci : Kontribusi tim ahli dalam Jigsaw, hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa} }